Akta Penegasan PT Perorangan

Membuat akta merupakan langkah awal atau pertama dalam proses hukum, bagi yang menginginkan mendirikan perusahaan. Semua bisnis tentunya memerlukan sertifikat untuk mengesahkan entitas yang ingin didirikan. Akta Penegasan dan pengesahan PT Perorangan adalah syarat dasar dalam melanjutkan proses dokumen seperti NPWP atau SKDP. Akta Perseroan Perorangan memuat atau mencakup segala keterangan terkait perseroan berbadan hukum, mulai dari nama, pengurus, lokasi perseroan, permodalan perseroan, pemegang saham, dan sistem kepengurusan perseroan.

Pengertian Akta Penegasan

Akta penegasan PT Perorangan merupakan dokumen hukum yang dibuat secara langsug oleh notaris dan mengacu kepada pasal 1870 KUH (Kitab UU Hukum Perdata) dan pasal 165 HIR. Perbuatan itu mengikat dan mutlak. Dan lebih detailnya lagi, akta penegasan pt perorangan merupakan dokumen orisinil yang didokumentasikan langsung sebagai alat bukti bahwa suatu peristiwa atau kejadian telah terjadi, dan juga disiapkan dihadapan perjabat-pejabat tinggi seperti hakim, beskal, dan atau notaris.

Baca Juga : Jasa Pembuatan PT

Fungsi Akta Penegasan PT Perorangan

Akta penegasan PT Perorangan tentunya memiliki fungsi yang penting bagi sebuah perusahaan, kerena dokumen ini adalah bentuk legal atas berdirinya suatu usaha.

Dan pada dasarnya, jenis badan usaha yang mempunyai hubungan dengan instansi pemerintah, harus membuat dan mempunyai dokumen ini.

1. Penjamin proses jual beli

Dalam dunia real estate (lahan Yayasan), nah berikut ini bisa menjamin proses dalam jual beli rumah, ruko, tanah, dan asset property lainnya, mungkin sepintas terlihat cukup mirip dengan akta yang dubuat langsung oleh PPAT, akan tetapi perbedaan mendasarnya adalah bahwa akta yang dibuat langsung oleh notaris memungkinkan berikan konten yang lebih umum mengenai dengan proses penjualan belian.

2. Bukti asli

Berikutnya dalam akta penegasan PT Perorangan adalah alat bukti. Sesuai dengan hukum yang terdapat didalam KUH (Kitab Undang-undang Hukum Perdata), tidak memerlukan bukti lebih lanjut oleh notaris sebagai alat bukti yang meyakinkan. Selain itu juga, alat bukti permohonan atau pendaftaran sertifikat khusus sesuai pasal 1866 KUH Perdata dan HIR 165 menempati kedudukan penting dan penting sebagai alat bukti di persidangan. Oleh sebab itu, akta itu bisa kita jadikan sebagai alat bukti asli apabila ada pihak yang memiliki perjanjian tertentu menurut isinya atau ada beberapa orang yang memiliki hak atau wewenang yang sama.

3. Ketentuan resmi

Selanjutnya dalam akta penegasan PT Perorangan adalah ketentuan resmi. Akata notaris merupakan syarat resmi yang digunakan dalam melakukan perbuatan hukum. Oleh sebab itu, dalam hal ini, akta penegasan PT Perorangan sangat penting karena dapat menyelesaikan perbuatan secara hukum, seperti perjanjian hutang piutang, sevagaimana diatur dalam pasal 1767

Saat akan membuat akta kepada notaris, ada 2 (dua) jenis biaya, tergantung pada nilainya.

4. Nilai ekonomi

Biaya pembuatan akta ke notaris bisa bervariasi tergantung dari nilai transaksi bisnis yang kamu miliki, 30 hari Undang-Undang Nomor. 2004. Misalnya dalam transaksi bisnis di bawah Rp.100 juta Akan dikenakan biaya 2,5% dari jumlah transaksi. Transaksi bisnis Rp 100 juta sampai Rp1 miliar menjadi Rp. 1,5% , dan sekitar 1% jika nilai transaksinya Rp1 miliar atau lebih. Perlu kamu ingat bahwa jumlah atau biaya pengeluaran tidak termasuk biaya yang wajib dibayarkan kepada notaris.

5. Nilai sosial

Yang terakhir dalam akata penegasan PT Perorangan adalah nilai sosial. Dengan berdasarkan nilai sosiologi peran sosial dari masing-masing objek perilaku, biaya terbesar yang wajib dibayar oleh notaris sendiri adalah sekitar 5 juta. Sertifikat konfirmasi PT Perorangan atau Perseroan Perorangan sangat diperlukan karena untuk pendaftaran pemerintah daerah, pendaftaran asosiasi, pembukaan rekening bank, dan lain sebagainya. Diperlukan saat lembaga belum sepenuhnya mewadahi PT Perorangan atau Perseroan Perorangan

Isi Akta Penegasan PT Perorangan

Akta penegasan PT Perorangan berisi tentang profil perseroan, dilengkapi oleh pendiri usaha dengan notaris dan didampingi langsung oleh saksi yang terdaftar di pengadilan negeri setempat.

Pada Akta Penegasan Tercantum hal-hal berikut:

  1. Tanggal berdirinya usaha 
  2. Nama dan Bentuk Usaha
  3. Nama pendiri usaha
  4. Alamat perusahaan
  5. Tujuan dari berdirinya perusahaan
  6. Besaran modal usaha
  7. Kepengurusan  
  8. Tanggung Jawab anggota pendiri, dll

Akta pendirian dimateraikan lalu ditandatangani oleh pendiri perusahaan atau pendiri perseroan, saksi dan notaris. Oleh notaris, akta itu didaftarkan di pengadilan negeri.

Cara Membuat Akta Penegasan PT Perorangan

  1. Akta pengukuhan dibuat oleh notaris yang berwenang atau yang berhak di seluruh Republik Indonesia dan berikutnya disahkan oleh Menteri Kehakiman.
  2. Proses pembuatan akta penegasan PT Perorangan cukup mudah. Pertama, kamu hanya perlu melengkapi persyaratan.
  3. Setelah itu, draft akta penegasan juga diberikan. Jika pendiri setuju, akta diterbitkan. Umumnya, proses verifikasi penerbitan memakan waktu 1-3 hari kerja.
  4. Proses pembuatan dapat dilakukan langsung melalui notaris kota atau juga secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like