3 Tips Memilih Tempat Publish Jurnal Ilmiah bagi Mahasiswa

  • Whatsapp
Tempat Publikasi Jurnal

Jika Anda memiliki jurnal atau karya ilmiah yang layak terbit, tidak ada salahnya bagi Anda mensubmitnya ke tempat publish jurnal tertentu. Dengan menulis karya ilmiah di jurnal nasional bereputasi, maka hal ini akan membuka banyak peluang pendidikan ataupun karir yang baik bagi Anda.

Manfaat Publish Jurnal Ilmiah

Ada banyak manfaat yang bisa didapat jika mempublikasikan jurnal ilmiah, baik skala nasional maupun internasional. Adapun beberapa manfaat mengirim jurnal tersebut di antaranya sebagai berikut:

Bacaan Lainnya

Mendalami Materi Perkuliahan

Dalam buku berjudul Kunci Sukses Menembus Jurnal Ilmiah Bereputasi (2017) dijelaskan bahwa menulis karya ilmiah dapat menjadi wadah pertanggungjawaban keilmuan yang kita emban. Dengan membaca banyak referensi yang berasal dari berbagai sumber, maka pemahaman Anda terkait materi perkuliahan tersebut akan semakin mendalam. 

Pemanasan untuk Membuat Tugas Akhir

Membuat karya tulis ilmiah dan mempublikasikannya ke jurnal bereputasi merupakan salah satu langkah terbaik agar bisa lulus kuliah dengan cepat. Jika terbiasa menulis penelitian, maka Anda tidak akan kaget lagi ketika suatu saat harus mengerjakan skripsi.

Mengukur Seberapa Jauh Kemampuan Anda

Dengan mengirim tulisan ke tempat publish jurnal, secara tidak langsung, Anda telah mengukur seberapa jauh kemampuan Anda dalam menulis, dan mengkritik suatu problematika. Jika apa yang Anda teliti dan tulis berhasil terbit, berarti kemampuan Anda sudah memenuhi standar dari jurnal tersebut.

Tips Memilih Tempat Publikasi Jurnal

Sebelum menentukan tempat publish jurnal, alangkah baiknya jika Anda mengetahui beberapa tips berikut ini:

Pilih yang Sesuai Bidang Keilmuan

Dalam memilih tempat submit jurnal, pastikan bahwa jurnal tersebut sudah sesuai dengan studi keilmuan Anda. Misalnya, Anda berada di jurusan kedokteran, maka submitlah karya ilmiah tersebut ke situs jurnal kesehatan. Jangan sampai Anda mengirim jurnal bertema kesehatan ke situs jurnal agama karena pastinya tidak memenuhi syarat.

Cek Domain Situs Jurnal

Sebagai mahasiswa, Anda perlu berpikir kritis dalam menilai kredibilitas dari sebuah situs jurnal. Pastikan tempat publikasi jurnal yang Anda pilih memiliki domain khusus pendidikan, seperti .ac, .gov, .edu, dan .org.

Ikuti Aturan dan Ketentuannya

Jika sudah menemukan situs jurnal yang dianggap sesuai, maka langkah berikutnya ialah mengikuti aturan dan syarat yang diberikan oleh situs tersebut.

Ikuti panduan penulisan mulai dari tema, jumlah kata, struktur artikel dan lain-lain yang terdapat di situs tersebut. Jika mengikuti serangkaian proses penulisan jurnal dengan baik, maka bukan tidak mungkin jika jurnal milik Anda dapat dipublikasikan.
Itulah pembahasan mengenai tips memilih tempat publikasi jurnal  bagi mahasiswa. Tidak perlu berpikir panjang untuk melakukan penelitian karena saat ini sudah banyak jurnal berkualitas yang terbit gratis 2021. Kini, menerbitkan jurnal bisa tanpa biaya dan prosedurnya dapat diikuti dengan mudah

Sumber : google

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *